Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

 


Bawang merah adalah salah satu jenis bawang yang banyak dibudidayakan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Manfaat yang ditawarkan bawang merah tentu tak lepas dari kandungan nutrisi Karbohidrat,Protein,Serat,Zat besi, Kalsium,Folat,Magnesium,Kalium,Zin.

Tak hanya itu, bawang merah juga mengandung senyawa sulfur organik dan berbagai macam antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, quercetin, dan saponin.

Ada beberapa manfaat bawang merah yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  • Menjaga fungsi ginjal

Manfaat bawang merah lainnya adalah menjaga fungsi ginjal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah mampu menurunkan kadar asam urat dan kadar kreatinin di dalam tubuh, sehingga kesehatan ginjal pun lebih terjaga.

Meski demikian, sejauh ini penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas bawang merah untuk menjaga fungsi ginjal masih perlu diteliti lebih lanjut.

  • Menjaga kesehatan jantung

Studi menunjukkan bahwa kandungan nutrisi di dalam bawang merah mampu mencegah penggumpalan darah dan mengurangi penumpukan lemak atau kolesterol jahat di dalam pembuluh darah.

Tak hanya itu, bawang merah juga mengandung allicin, salah satu jenis senyawa sulfur organik yang dapat melebarkan pembuluh darah.

Kombinasi manfaat tersebut menjadikan bawang merah baik dikonsumsi untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

  • Meningkatkan Kesehatan Tulang

Selain menjaga kesehatan jantung, bawang merah juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi bawang merah secara rutin dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Khasiat tersebut berasal dari kandungan kalsium, mineral, zat besi, dan fosfor pada bawang merah.

Menarik, bukan? Dapat disimpulkan bahwa bawang merah dengan nama latin Allium ascalonium L dapat meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi risiko patah tulang pinggul, meningkatkan kesehatan gigi, dan membantu mencegah osteoporosis.

  • Mencegah Infeksi Penyakit

Sebagai salah satu komoditi holtikultura, bawang merah memiliki kandungan protein yang dinilai mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman bawang merah memiliki efek antioksidan yang baik untuk melawan penyakit dan infeksi umum.

Bawang merah terbukti ampuh untuk melawan penyakit, seperti flu, sakit kepala, demam, dan bronkitis. Sifat antivirus dan antibakteri pada bawang merah dapat mengobati infeksi batuk berdahak dan sakit tenggorokan.

Bawang merah berkhasiat untuk menurunkan demam pada bayi. Grameds hanya perlu mencampurkan parutan bawang merah dengan minyak kelapa dan balurkan secara merata ke punggung dan perut.

Mengoleskannya ke tubuh secara merata dapat membantu menghangatkan badan. Meski bermanfaat untuk mencegah infeksi penyakit, Grameds tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter apabila gejala yang muncul tak kunjung reda.

  • Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan sulfur pada tanaman bawang merah bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan tersebut akan membantu kamu memproduksi jaringan kolagen pendukung pertumbuhan rambut.

Selain itu, bawang merah juga dapat membantu menyembuhkan kebotakan, mengobati kerontokan rambut, dan mengobati infeksi kulit kepala. Grameds hanya perlu membuat jus bawang merah, lalu mengoleskannya ke kulit kepala, dan diamkan sekitar 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan sampo.

Untuk mengatasi ketombe, Grameds cukup mencampurkan jus bawang merah, jus lemon, madu, dan buttermilk. Selanjutnya, oleskan semua bahan tersebut ke rambut, biarkan selama 30 menit, dan bilas hingga bersih menggunakan sampo anti ketombe.

Sumber : alodokter.com dan www.gramedia.com