Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah bagi Tubuh



 Bawang putih telah lama dikenal karena manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Bawang putih merupakan salah satu bumbu yang wajib ada dalam setiap makanan Indonesia. Namun, sudahkah Anda tahu apa manfaat makan bawang mentah bagi tubuh tanpa dicampur dengan makanan. Kandungan Nutrisi pada Bawang Putih didapatkan beberapa kandungan di antaranya serat, protein, mangan, vitamin C, selenium, kalsium dan antioksidan.



·       Menurunkan Risiko Kanker

Bawang putih mengandung sulfur aktif yang dipercaya dapat mengatasi risiko pembentukan sel kanker sekaligus menghambat penyebarannya.

Suatu penelitian menemukan bahwa manfaat makan bawang putih mentah secara rutin dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker perut, pankreas, kerongkongan, prostat, hingga payudara.

·       Menjaga Kesehatan Otak

Sebuah penelitian menemukan bahwa turunan karbohidrat pada bawang putih atau dikenal dengan FruArg mampu melindungi sel-sel otak terhadap efek penyakit dan penuaan.

Selain itu, FruArg juga berpotensi mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi oleh sel mikroglia dalam otak selama berperang melawan peradangan dan stres oksidatif.

Pasalnya, kadar oksida nitrat yang berlebihan dalam otak disebut dapat menyebabkan kerusakan sel otak. Sementara, sel mikroglia memiliki peran cukup penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf pada tubuh. Nah, manfaat makan bawang putih mentah yang didapatkan dari FruArg mampu memperbanyak sel mikroglia tanpa mendorong produksi kadar oksida nitrat dalam otak, sehingga keduanya berjalan seimbang.

·       Melawan Radang, Batuk dan Pilek

Manfaat makan bawang putih mentah selanjutnya adalah mengobati flu, radang, dan batuk. Manfaat tersebut dihasilkan oleh senyawa belerang yang terbentuk ketika bawang putih dikunyah atau  dihancurkan.

Apabila Anda sedang mengalami gejala flu, cara makan bawang putih mentah dipercaya mampu mengurangi keparahan gejalanya dan memacu kesembuhan lebih cepat.

·       Menurunkan hipertensi

Ahli kesehatan mengatakan bahwa makan bawang putih sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Sebab bawang putih akan melancarkan sirkulasi darah sehingga bisa menurunkan hipertensi.

 

Sumber : siloamhospitals dan http://www.merdeka.com/sehat/6-keuntungan-makan-bawang-putih-saat-perut-kosong.html