Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Permainan Tradisional Indonesia yang mengandung banyak Nilai



      Bumi Nusantara bukan hanya soal alam yang indah dan hasil bumi yang melimpah, namun juga mengenai banyaknya jumlah permainan tradisional, Beda wilayah, beda pula jenis permainannya Salah satu yang selalu jadi daya tarik kuat adalah permainan masa kecil yang beraneka ragam di Indonesia. Indonesia ini sangat populer pada masanya, jauh sebelum kehadiran gadget. Anak-anak zaman dulu sering memainkannya bersama teman-teman antar Lain :

  • Bermain Lompat Tali

permainan lompat tali ini, Biasanya sih dimainkan minimal oleh 3 orang. Dua orang memegang tali dan satu orang lagi melompat-lompat.

Lompat tali ini biasanya terbuat dari karet gelang yang disambung memanjang. Pertama sih tinggi talinya rendah, jika kamu berhasil tingkat kesulitannya akan semakin sulit .



  •  Bermain Ular Naga

Permainan ini dimainkan oleh banyak orang. Terus ada dua orang yang berpegangan tangan ke atas. Yang lainnya menyanyikan lagu khas ular naga dan mengelilingi dua orang yang berpegangan tangan tersebut.

Pas lagunya habis maka yang tertangkap akan keluar dari permainan. Begitu dan seterusnya. Permainan masa kecil ini pokoknya membuat kamu bernostalgia banget deh.



  • Bola Bekel

Bola bekel bisa dimainkan oleh beberapa orang, yaitu dengan memainkan bola bekel beserta 4 biji yang menyertainya. Biji-biji tersebut harus diambil dan dibalik satu per satu secara bertahap. Apabila bola bekel memantul lebih dari satu kali, maka pemain dianggap kalah dan harus menghentikan permainan dan diganti pemain lain. Permainan bola bekel cukup memberikan tantangan dan melatih ketangkasan.



  • Balap Karung

Balap karung banyak dimainkan ketika acara Agustusan. Tidak lengkap perayaan kemerdekaan 17 Agustus tanpa permainan yang satu ini. Permainan ini bisa dilakukan oleh anak laki-laki ataupun perempuan. Akan lebih seru jika permainan ini dimainkan secara ramai-ramai. Permainan ini sangat sederhana, dengan menggunakan karung goni para pemain melompat-lompat menuju garis finish. Di mana yang lebih dulu mencapai garis finish dialah pemenangnya.



·       Gobak Sodor

Permainan gobak sodor membutuhkan pemain yang banyak. Masing-masing menjaga garis dan jangan smapai dilewati oleh anggota lawan. Garis batas bisa menggunakan apa saja yang mudah untuk digunakan. Yang penting cukup jelas dan terlihat. Permainan ini mengajarkan kerjasama tim dan juga berstrategi.